Loading...

Kurikulum merupakan landasan penting dalam dunia pendidikan, berasal dari istilah Yunani “curir” (pelari) dan “curere” (tempat berpacu), yang kemudian diadaptasi dalam konteks pendidikan sebagai rangkaian mata pelajaran yang harus diselesaikan peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu. Di Indonesia, menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kurikulum adalah seperangkat rencana yang mengatur tujuan, isi, bahan pelajaran, dan metode sebagai panduan pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan ini meliputi pencapaian standar pendidikan yang mencakup kesesuaian dengan karakteristik, kondisi, dan potensi lokal satuan pendidikan.

SMP Nasional Denpasar merancang Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) dengan mengintegrasikan prinsip Kurikulum Merdeka, yang menekankan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tantangan abad ke-21. Kurikulum Merdeka di SMP Nasional Denpasar didasarkan pada capaian pembelajaran yang berfokus pada kompetensi dan pemahaman konten yang mendalam, dengan pendekatan teaching at the right level, yaitu mengajar sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik. Hal ini memungkinkan penyesuaian program pendidikan sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik, serta mendukung pencapaian profil Pelajar Pancasila yang berkarakter, mandiri, kreatif, bernalar kritis, dan berwawasan global.

Sebagai sekolah yang terletak strategis di tengah perkotaan, SMP Nasional Denpasar dikenal sebagai satuan pendidikan yang diminati masyarakat di lingkungan sekitar. Beberapa kekuatan yang dimiliki sekolah ini adalah input peserta didik yang berasal dari keluarga dengan tingkat kepedulian tinggi terhadap pendidikan, lokasi yang mudah dijangkau, sarana dan prasarana yang memadai, serta lingkungan sekolah yang asri dan mendukung proses pembelajaran. Di bawah naungan Yayasan Perdiknas Denpasar, SMP Nasional Denpasar menerapkan konsep sekolah ramah anak dan sekolah keluarga, di mana seluruh staf dan guru berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan orang tua, menciptakan suasana yang hangat dan mendukung seperti keluarga.

Kurikulum SMP Nasional Denpasar juga dirancang untuk mengembangkan keterampilan abad 21, yang mencakup integrasi Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), literasi, kompetensi 4C (Creativity, Critical thinking, Communication, dan Collaboration), dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kurikulum ini diimplementasikan melalui berbagai pendekatan pembelajaran seperti intrakurikuler, kokurikuler, dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang semuanya disusun untuk menghasilkan peserta didik yang unggul dan berkompeten.

Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, SMP Nasional Denpasar memastikan keberadaan dokumen KSP yang menjadi panduan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan. Hal ini didukung oleh pembentukan tim perumus KSP dan tim penjamin mutu yang bertugas mengelola sistem evaluasi proses dan pencapaian kurikulum. Penyusunan kurikulum ini dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik dan konteks lokal, serta mendukung pengembangan profesionalisme guru melalui berbagai pelatihan dan pengembangan diri yang berkelanjutan.

Melalui implementasi Kurikulum Merdeka, SMP Nasional Denpasar berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya berprestasi akademik, tetapi juga memiliki keterampilan hidup yang berguna dan mampu beradaptasi dengan dinamika perkembangan zaman. Diharapkan peserta didik dapat menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan berpotensi menjadi pemimpin masa depan, sejalan dengan profil Pelajar Pancasila yang diidamkan. Dengan demikian, SMP Nasional Denpasar terus berupaya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, adaptif, dan inovatif yang mengedepankan pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.

WhatsApp